Advertisement

BISNIS SAMPINGAN "PENAWARAN JASA"

Usaha sampingan “Menyediakan Jasa” memang bisnis yang termasuk dalam skala kecil. Tetapi dari skala kecil tersebut, yang tadinya hanya sekadar iseng atau hanya untuk penghasilan tambahan saja, jika dijalani dengan sungguh-sungguh bisa berubah menjadi bisnis dengan skala dunia. Siapa sangka bisnis yang berawal dari ide sederhana ini bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Jika Anda masih terkendala oleh kebingungan akan pemilihan usaha apa yang akan dijalani, berikut Telah kami rangkum beberapa jenis sampingan dengan modal kecil yang patut Anda coba.

Menyediakan Jasa
1)      Laundry Kiloan

Di jaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berfikir pragmatis. "Daripada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja." Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga jadi bersaing.
Semudah itukah membuka usaha jasa laundry kiloan? Sebenarnya iya, namun untuk sukses di bisnis ini, anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal paling utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil) adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.
Berapa modal yang diperlukan? Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai.

2)      Cuci Motor dan/atau Mobil
Bisnis ini seolah tak pernah sepi. Orang rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri. Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

3)      Desain Grafis
Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernama odesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

4)      Les Privat
Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda. Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah untuk transportasi. Jika anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa anda tentukan berdasar pasaran biaya les di lokasi Anda.

5)      Menjahit Pakaian
Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri. Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar Anda. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

6)      Pengetikan
Bisnis ini umumnya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa mendatangkan uang. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya. Tips Menjalankan Bisnis Pengetikan okasi yang Strategis Misalnya dekat dengan kampus atau yang dekat perkantoran karena usaha seperti ini banyak dicari oleh kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan jasa seperti ini. Seiring perkembangan teknologi, usaha jasa pengetikan ini juga bisa dilakukan secara online. Pemilik usaha bisa mempromosikan usahanya melalui blog atau marketplace.

7)      Makelar Properti
Aset yang selalu naik harganya adalah properti. Banyak  orang yang memiliki dana lebih menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki, mereka pun butuh beberapa jasa makelar properti yang bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan. Kondisi ini membuka peluang bagi anda untuk bergabung sebagai makelar properti. Coba amati lingkungan sekitar rumah, apakah ada proyek pembangunan rumah dan apartemen baru? Jika iya tawarkan saja diri anda untuk menjadi makelar. Jangan lupa untuk menanyakan sistem komisi dan bonusnya.
Tidak butuh modal biaya untuk usaha ini. Hanya membangun kepercayaan saja yang diperluka. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan anda kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.
Pemasaran Properti Online   

Blog Marketing
Ini yang sering dilakukan oleh para internet marketers saat ini. mereka membuat sebuah website yang dioptimasi dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) supaya mereka mendapatkan pengunjung tertarget. Anda bisa meniru cara ini karena blog marketing merupakan salah satu cara pemasaran properti secara online yang sangat efektif. Hanya saja, Anda harus pandai dalam hal mengoptimasi agar mampu bersaing dengan website lain dalam memperebutkan calon pembeli tertarget.

Display Marketing
Jika Anda tidak ingin terlalu repot mengoptimasi website agar berhasil mengalahkan website pesaing, Anda bisa menerapkan cara display marketing. Cara pemasaran online yang satu ini menerapkan konsep berupa meletakkan banner-banner iklan Anda di situs-situs di mana banyak pengunjung tertarget mengunjungi situs tersebut. Anda bisa memasang banner Anda di situs sosial bookmark, situs penerbitan, atau forum. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan budget untuk iklan seperti ini.


Email Marketing
Bisa dikatakan ini adalah cara pemasaran online yang konvensional karena cara ini digunakan oleh para internet marketers jauh lebih dulu daripada cara-cara yang lain. Strategi yang satu ini jelas ampuh karena pada dasarnya orang secara suka rela memasukkan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi apapun dari Anda, tidak terkecuali penawaran produk properti. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka, tidak hanya penawaran


yang penting ada kemauan dan kerja keras, Semoga Artikel ini Bisa Membantu. mungkin hanya itu yang bisa saya postingkan. jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah ini :)

0 komentar:

Post a Comment

Breaking News